TUMIS AYAM PAPRIKA w/ Slow Cooker (1 tahun+)

Dah lama gak coba-coba resep pake slow cooker. Mau mencoba one-dish meal tapi karbo-nya pake kentang ajah. Kalau mau dimakan pake nasi bisa juga kok, Inih ya, gak pake air sama sekali, tapi jangan kuatir deh, gak bikin masakan gosong, karena hasil jadinya malah berkuah! Ya dari proses memasak yang lama, uap dari masakannya bercampur dengan bumbu dan kaldu ayam yang keluar. Wuiiiih rich banget kaldunya, kurleb 200 ml lho, lumejen kaaaan!

Naaaah, karena kaldunya super murni dan kental, jadi saya sisihkan buat stok kaldu. Bisa dipake buat numis sayur atau bikin sop toh, jadi gaperlu lagi micin micinan hahahaha *ngelantur, resepnya manaaaaaaaa*

TUMIS AYAM PAPRIKA w/ Slow Cooker (1 tahun+)

untuk 2-3 porsi, tergantung kuantitas yg makan sih *uhuk*

Bahan:
2 potong dada ayam (dengan tulangnya ya, biar kaldunya mantep), sisihkan kulitnya
1 buah kentang ukuran sedang, kupas dan potong kotak
1 buah wortel, kupas, potong bulat
1/2 bh bawang bombai
1 sdt garam
1/4 sdm black pepper (merica hitam)
2 sdm butter cair
2 sdm paprika, buang bijinya, potong-potong kotak
1 sdm air perasan lemon
1 sdt olive oil basil
1 sdt madu

 Tumis Ayam Paprika

Cara membuat:

  1. Cuci ayam dan keringkan dengan tisu dapur. Tuang potongan kentang, wortel, bawang bombai, garam dan merica hitam dengan 1 sdm butter cair, campur rata, masukkan ke dalam mangkuk slow cooker.
  2. Di mangkuk lain campur sisa butter cair dengan potongan paprika, air perasan lemon, madu, olive oil. Oles diatas ayam sampai merata, diamkan 10 menit, kemudian tuang ke dalam pot slow cooker, diatas kentang (nggak usah dicampur) bersama semua saus olesannya.
  3. Tutup slow cooker dan masak selama 3,5 sampai 4 jam (set HIGH) atau 7-8 jam (set LOW).

Note:

  • Jadinya ayamnya empuuuuuuk banget, jadi aman dimakan oleh balita juga.
  • Kalau mau untuk MPASI, garam, madu dan merica hitam bisa diskip, bisa diganti dengan bawang putih halus (1-2 siung aja) dan nanti pas disajikan kan dihaluskan bareng dengan wortel dan paprika, jadi rasanya lebih manis.

Tinggalkan komentar