Meat Bread Pie

Aseliii ini judulnya ngarang abeeees 😀 Soalnya galau berat ni makanan mo dikasi nama apa, asal campur campur doang *gapentingngapaindibahas*
Hoookeh, resep ini copas abis dari acara tipi paporit denbaguse I Can Cook. Simpel banget resepnya, dan yang asik porsi kecil, jadi bisa buat bekal sekolah. Oya, tapi ikan salmon diganti dengan daging giling, sama enyaknya kok (yaiyalaaaah ditambah keju juga).

Source: http://www.bbc.co.uk/cbeebies/i-can-cook/makes/i-can-cook-seasidebites/

 photo 1 photo 2

Bahan:
Minyak sayur untuk olesan
2 lembar roti gandum
1 butir telur
2 sdm susu cair UHT
40 gram daging giling
1 sdm keju cheddar parut
1 sdt daun bawang, iris halus
Sejumput lada putih bubuk
Sejumput pala bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Oles cetakan cupcake dengan minyak sayur.
  2. Pipihkan roti tawar dengan rolling pin, kemudian potong dengan cetakan bentuk bulat.
  3. Kocok telur, susu dan sedikit lada putih. Celupkan potongan roti tawar ke dalam adonan telur sebentar, angkat dan masukkan ke dalam cetakan cupcake sambil ditekan tekan. Bisa juga digunting kelebihannya dari tepi atas cetakan biar terlihat lebih rapi.
  4. Campur sisa kocokan telur+susu dengan keju parut, daging giling dan pala bubuk, aduk rata. Tuang ke dalam “kulit” roti tawar.
  5. Panggang selama 25-30 menit.
Iklan

Gratin Mi Terong

Image

Sebenarnya ini resep dibikin buat ikutan kuis Tantangan Mamaku Koki Handal yang berhadiah peralatan masak Oxone yang ngeheitz ituuuh. Apa daya karena moderator jadi gak bakal dimenangin sama bos mod yang galak ituh *sigh* kirain dia mendadak amnesia gitu yak hahaha*maap depe, gak ngedoain jelek kok, cuma mau kamu sebentaaaar aja lupa kalo aku mod trus dimenangin dah* *ngarep*

Gratin Mi Terong
Usia: 1 tahun +
Untuk 2 porsi

Bahan:
1 keping mi telur, rebus hingga matang, tiriskan
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm unsalted butter
2 sdm tepung terigu serba guna
1/2 cup kaldu
1/2 cup krim kental
1 buah terong ukuran sedang, kupas dan potong kotak
1 buah tomat, siram air panas mendidih, kupas kulit dan ambil dagingnya, potong
1/2 bagian bawang bombai ukuran sedang, cincang
1/8 sdt pala bubuk
Garam dan merica secukupnya

Taburan:
1/4 cup keju parut dan 1/4 cup breadcrumbs, campur rata

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius. Siapkan wadah tahan panas yang sudah dioles dengan butter/ minyak goreng.
  2. Panaskan butter, setelah semua mentega mencair masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga tercampur rata. Tambahkan air kaldu, aduk kembali. Tambahkan krim kental, aduk selama kurang lebih 10 menit hingga panas.  Tambahkan garam, merica dan pala. Aduk sebentar, angkat dan sisihkan.
  3. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga wangi, masukkan terong, tumis selama 5 menit, kemudian tomat dan mi yang sudah direbus. Tambahkan garam dan merica sesuai selera. Kalau denbaguse sih suka dikasih kecap dikit hihihi.. Masak sekitar 5 menit atau terong empuk, angkat.
  4. Tuang adonan mi ke dalam wadah tahan panas hingga setengah tinggi mangkuk, tuang saus kaldu secukupnya (jangan penuh ya), tabur dengan campuran keju parut dan breadcrumbs. Panggang selama 30 menit.

Ratatouille, spesial dari Perancis

Salah satu menu masakan waktu cooking class la cuisine kemaren, Ratatouille merupakan masakan daerah khas Perancis. Intinya sih tumisan sayuran aja kok, gampil surampil, bisa juga diterapkan untuk MPASI (Makanan Pendamping ASI), nanti ada tipsnyah.

RATATOUILLE

Bahan:

1 buah terong ungu
1 buah zukini
1 buah paprika merah, buang biji dan tangkai
2 buah tomat
1 buah bawang bombai cincang
2 siung bawang putih cincang
Olive oil
Gula dan garam secukupnya, sedikiiiit aja dulu, rasanya sudah mantap kok.
herbs untuk penambah rasa: oregano, thyme, basil kering *optional*
 
Cara membuat:
  1. Potong kotak terong ungu, zukini dan paprika merah. Taruh di pan oven, siram olive oil dan panggang selama 15-20 menit.
  2. Rebus tomat sampai matang, kupas kulitnya, potong kecil-kecil. Tumis bawang bombai dan putih dengan olive oil sampai harum, masukkan tomat, aduk sampai menjadi pure.
  3. Tuang panggangan sayuran kedalam pure tomat, tambahkan herbs, aduk sebentar dengan api kecil sampai rata. Sajikan hangat.

Nanti hasilnya sayurannya akan crunchy gitu, krenyes krenyes, edak deh *ngalem masakan ndiri*

Nah, kalau untuk MPASI atau makanan anak, tipsnya begini:

  • Zukini dan terong dikupas dulu sebelum dipotong-potong.
  • Sayuran (zukini, terong dan paprika) tidak perlu dipanggang, tapi ditumis saja dengan olive oil. Setelah matang kemudian di tuang ke pure tomat, aduk bareng sampai tercampur rata dengan api kecil, kemudian diangkat. Jadi tetap dipisah dulu numisnya dengan pure tomat. Setelah itu bisa di haluskan atau langsung diberi ke anak.
  • Garam dan gula di skip dulu, begitu juga dengan herbs kalau anak blm mencoba. Kalau mau  lebih rich bisa ditaburi keju parut *slurp*.

Crepes Roll

Ini salah satu bekal andalan buat basti, maunya seperti crepes enyak yang di mol-mol itulooooh…. tapi dibikin rol biar isinya gak berceceran dan gampang dimakan, sekali hap…. kenyaaaaang *duuuh jadi ngiler*

Bahan:

1/2 dan 1/4 cups tepung terigu protein sedang (segitiga biru)

1/2 sendok makan gula pasir

1/4 sendok teh baking powder *optional, kalo gak pake juga bisa*

1/4 sendokk teh garam

1 cup susu uht plain

1 sendok teh butter, cairkan

1/4 sendok teh vanilla ekstrak

1 butir telur

Cara membuat:

1. campur semua bahan dengan menggunakan blender

2. tuang 1/4 cup ke atas wajan diameter 20 cm yang sudah dioles dengan butter dengan gerakan membentuk lingkaran, ratakan.

3. masak selama kurleb 2 menit, balik dengan menggunakan spatula, pelan-pelan yaaaa

4. setelah matang, sisihkan,  taburi atau oles dengan selai kacang, kenari, meses, keju parut, skm, mashed banana, de el el….

5. gulung sambil dipadatkan. potong-potong selebar 2-3 cm.

Lasagna Roti

Duluuuu banget pernah dapat resep cihuy Lasagna Roti dari Tita – Mama Nevan… Cuma ya ituuuu, ilang deh memonya di henpon *pelajaran banget selalu back-up data hape* Jadi coba brosing-brosing lagi deh, dapat resep oke, utak utik, porsinya disesuaikan 😀

Untuk 1 porsi

Bahan:
2 lembar roti tawar, potong kecil-kecil
keju quick melt, parut

Saus daging:
85 gr daging giling tanpa lemak
2 buah jamur champignon, iris tipis
1 buah tomat merah segar, rebus, buang kulit, haluskan (puree tomat)
1 sdm bawang bombai cincang
1 siung bawang putih, cincang
garam – gula
lada bubuk
pala bubuk
oregano
unsalted butter untuk menumis

Larutan susu: campurkan 200 ml susu uht dan 1 butir telur ayam.

Cara membuat:

  1. Saus daging: Tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, masukkan jamur, aduk terus sampai jamur agak layu. Masukkan daging cincang, tumis hingga daging setengah masak kemudian tambahkan puree tomat, gula garam, lada, pala dan oregano. Aduk rata. Angkat dan sisihkan.
  2. Siapkan pinggan tahan panas, oles dengan unsalted butter. Tuang sebagian saus daging, tumpuk dengan sebagian roti tawar, tuang sisa saus daging dan ditutup dengan sisa roti tawar. Siram dengan larutan susu sampai ¾ pinggan kemudian tabur dengan parutan keju.
  3. Panggang dalam oven bersuhu 170 derajat sampai keju meleleh atau sekitar 20-30 menit.

Note:
itu keju parut dan larutan susunya kurang banyak dewh xixixi, maklum masih coba-coba dulu buat si kecil… lha kok anaknya doyan :)))))

Kraft Otak-Otak

Dapet resep dari webnya keju KRAFT… asli mantabh banget 😀

Kraft Otak-Otak

Bahan otak-otak (aduk rata):

200 gr filet ayam, cincang kasar

50 gr keju kraft cheddar , parut

1 sdm daun bawang bagian yang hijau, iris halus

2 siung bawang putih, parut, tumis harum

200 ml susu uht kemasan, siap pakai

1 btr telur

Bahan bumbu (aduk rata):

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica bubuk

1/4 pala bubuk

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan otak-otak dan bumbu hingga rata.
  2. Bungkus setiap 2 sdm adonan otak-otak dengan daun pisang, gulung pipih, semat ujungnya dengan tusuk gigi.
  3. Kukus dalam dandang panas hingga matang. angkat, panaskan sebentar otak-otak dalam wajan anti lengket di atas api sedang hingga daun agak kering. angkat.

Tips:

  • Jika tidak suka ayam, bisa diganti dengan filet ikan kakap merah, filet ikan kakap merah cita rasanya lebih gurih dibandingkan filet kakap putih.
  • Jika tidak ada daun, adonan otak-otak bisa dicetak di wadah aluminium/rantang. jika dicetak, potong otak-otak sesuai selera jika sudah hangat.

Pizza Kensaju

Namanya asal bikin ajah, iseng-iseng berhadiah ikutan Tantangan Maret MamaKokiHandal . Berhadiah bener deh, juara hiburan. lumayan denbaguse dapat kaos kiyut dari momsnmine 😀

Bahan:
100 gr kentang, kukus, kupas kulitnya
2 butir telur ayam kampung, kocok rata
2 sdm tepung terigu
sedikit merica halus
1 sdt daun bawang, iris halus
2 sdm olive oil
50 gr buncis, rebus, iris tipis
50 gr bunga kol, ambil kuntumnya, rebus
50 gr daging sapi giling
2 bh tomat ukuran sedang, parut

Saus jamur:
2 sdm bawang bombai, cincang
1 siung bawang putih, haluskan
100 ml krim kental
50 gr jamur champion, iris tipis
1 sdm tepung terigu
1 sdm olive oil

Taburan:
2 sdm keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Haluskan kentang kukus dengan garpu, campur dengan telur kocok, tepung terigu, merica bubuk daun bawang.
  2. Panaskan olive oil di atas wajan bulat diameter kecil, tuang sebagian adonan kentang, goreng hingga kedua sisi matang dengan warna kuning agak kecoklatan.
  3. Tumis daging sapi giling diatas wajan tanpa menggunakan minyak, setelah berubah warna masukkan tomat parut, aduk rata, angkat.
  4. Saus jamur:Tumis bawang putih dan bawang bombai cincang sampai wangi, masukkan jamur iris. Masak hingga jamur layu, masukkan tepung terigu, aduk cepat. Masukkan krim kental sedikit demi sedikit sampai kental, angkat.
  5. Tata pizza kentang diatas mangkuk, taburi sayuran rebus, tumisan daging tomat dan disiram dengan saus jamur, taburi keju parut diatasnya. Panggang selama 5-10 menit. Sajikan hangat.

Notes:

  • Sebagai penambah rasa boleh ditambahkan gula dan garam secukupnya. Tapi jujur nih, waktu saya icip hasil masakannya tanpa garam dan gula, uenak juga loh hehehe… denbaguse Basti? Jelas doyan lah
  • Wajan diameter kecil yang saya maksud yang biasanya digunakan untuk membuat pancake, kurang lebih 15 cm. Tapi kalau tidak punya bisa juga gunakan ring cetakan bulat yang diletakkan diatas wajan/ teflon ukuran besar.
  • Pizza saya panggang dengan menggunakan panci bertutup yang sebelumnya diberi alas aluminium foil. Kalau menggunakan oven dikira-kira saja suhu panas dan lama masaknya. Pokoknya diliat keju dan saus jamurnya sudah agak meleleh.