Colourful Silky Milky Pudding

Eciyeeeee panjang bener namanya. Mo dibikin rainbow kok ya nggak nyambung, jadilah iseng bikin silky milky pudding dengan warna-warna alami *eciyeeeee alami ni yeeeeee*

Simpel aja kok resepnya, bikin adonan dasar silky milky pudding dalam porsi besar, trus masing-masing dicampur dengan puree buah sebagai “pewarna”, asik deh ih!

Bahan:
2 liter susu UHT plain
1kaleng susu kental manis
7gr bubuk agar2
“Pewarna” puding:
Putih – sedikit vanilla ekstrak
Pink – puree buah stroberi atau selai stroberi homemade
Hijau – puree kiwi
Cokelat – cokelat bubuk
Kuning – puree mangga
Cara membuat:
1.       Campur semua bahan dlm panci, aduk sampai rata, panaskan di atas api kecil.
2.       Aduk terus sampai terjadilah beberapa letupan2 kecil. matikan api.
3.      Siapkan 5 wadah yang diisi dengan masing-masing “pewarna”,  tuang hangat ke tiap wadah, aduk kembali pelan-pelan sambil tercampur merata dan suhunya turun.
4.       Masing-masing adonan yang sudah “berwarna” bisa dituang ke cetakan, masukkan  ke lemari es selama kurleb 4 jam.
Iklan

PUDING ROTI MANGGA

Hais inih resep gampil banget, cemplung-cemplung trus dipanggang, mumpung lagi musim mangga niiiih.

Bahan:
2 cup roti tawar, potong kotak-kotak
1 cup mangga arum manis, potong dagingnya kotak-kotak
1 sdt gula pasir, optional sih soalnya mangganya sudah maniiiiis banget
1 butir telur ayam1 butir kuning telur ayam
1 cup  fresh cream
50 ml susu uht plain
1/2 sendok teh vanilla ekstrak, atau vanilla bean
kayu manis bubuk untuk taburan
gula palem untuk taburan
butter buat oles ramekin

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dalam 180 derajat Celcius, lapisi ramekin/ tempat memanggang dengan butter/ cooking spray. Masukkan loyang/ mangkuk berisi air matang. *teknik au bain marie.
  2. Isi ramekin dengan potongan roti tawar yang sudah dioles butter dan potongan mangga.
  3. Kocok telur dan gula hingga rata, kemudian masukkan susu, fresh cream, vanilla sampai rata. Tuang ke atas roti dan mangga. Diamkan kurang lebih 15 menit agar cairan meresap.
  4. Sebelum dipanggang taburi kayu manis bubuk dan gula palem. Panggang puding kurang lebih 40 menit (lama ya boooook) atau sampai tusuk gigi yg ditusukkan keluarnya bersih. Sajikan hangat.

Note:
Mangga bisa diganti dengan kismis, irisan apel, pisang, apapun deh seleranya 🙂
Roti tawar bisa diganti dengan baguette/ roti perancis (yg keras kaya pentungan itu loh) atau croissant.
Kalau nggak mau pake fresh cream bisa juga susu uht semua, total 1 cup saja, dan teknik memanggangnya seperti memanggang roti biasa, bukan au bain marie yaaaaa 🙂

Puding Kentang Biskuit

Puding Kentang Biskuit

Lagi tergila-gila sama biskuit oreyo 😀 … brosing-brosing, nemu deh resep ini. Cumaaaaa…. krn adonannya kegedean dan saya gak punya loyang yang besar *ndeso bener* hasilnya saya taruh di beberapa mangkuk ukuran sedang 😀 harap maklum.

Bahan :

2 bungkus biskuit coklat (oreo), dibuang lapisan gulanya

Bahan puding kentang :

300 gram kentang tes kukus, dihaluskan

900 ml susu cair

2 bungkus agar-agar

200 gram gula pasir

¼ sdt garam

3 kuning telur, dikocok lepas

Bahan lapisan karamel :

150 gram gula pasir (1)

500 ml air hangat

1 bungkus agar-agar

150 gram gula pasir (2)

Cara membuat:

  1. Tata biskuit coklat di dasar loyang bulat 22 cm.
  2. Puding kentang : masak kentang halus, susu, agar, gula, dan garam sambil aduk hingga meletup-letup. Ambil beberapa sendok sayur adonan, tuang ke kuning telur, aduk rata. Masukan kembali campuran ini kedalam adonan kentang lalu aduk sampai mendidih lagi. Tuang adonan ke atas biskuit coklat. Dinginkan
  3. Karamel: panaskan wajan lalu tuang gula pasir (1). Diamkan sampai gula hangus dan larut. Tambahkan air hangat sedikit-sedikit sambil diaduk. Angkat dan dinginkan
  4. Tambahkan agar dan gula pasir (2) ke dalam karamel lalu masak sampai mendidih sambil diaduk.
  5. Tuang adonan ke atas lapisan I yang sudah setengah beku lalu bekukan.

Puding Sutra Oreo Saus Coklat

Masih seputar perpuding sutra-an *halah… mari kita ngelanjut dengan tambahan biskuit oreo pleus sausnya… Hasilnya… nom nom nom … habis juga tuh *emang dasar saya yang giras yak :))

Puding Sutra Oreo Saus Coklat

Bahan:
1 sdm bubuk agar-agar putih
400 ml susu uht
300 ml air masak
75 gram gula pasir
½ sdt vanili bubuk
6 keping biskuit oreo, buang gula putihnya, ancurin, tp jgn terlalu lembut

Saus:
250 cc air
1 sdm cokelat bubuk, cairkan dengan sedikit air panas
75 gr gula pasir
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara Membuat:
1. Campur susu+air, aduk
2. Campur jadi satu: susu, agar-agar bubuk, gula pasir, dan vanili. Masak sambil diaduk hingga mendidih, angkat.
3. Ambil cetakan puding, tuang sedikit adonan puding, bari remahan oreo, tuang lagi adonan puding, bagian atasnya beri remahan oreo. Biarkan dingin dan mengeras.
4. Buat saus: campur air, cokelat bubuk, dan gula pasir, aduk rata dan didihkan. Masukkan cairan maizena, aduk hingga mengental, angkat.
5. Sajikan puding dengan sausnya.