Ayam Bawang Madu dan Sayuran ala Slow Cooker

Akhirnyaaaa, nyobain resep lagi setelah sekian lama 😀

Memang ye slow cooker ini kelemahan saya, selalu ngacai kalau baca resep dengan perangkat ini hahahaha.

Jadi, kapan itu, ada temen yang bebi-nya mau mpasi, trus doi tanya-tanya dong seputar slow cooker, trus pas di pesbuk lihat resep slowcooked ayam madu postingan si Tasty, trus ngeces dong, mana bahannya gampil bingits. Nggak usah pusing sama resep dan bahannya, tinggal brosing, sudah bertebaran dimana-mana resepnyah :D. Yuks, cuss, ah.

Bahan
bahan-bahannya… simpel bingits kan

Bahan:
4 potong dada ayam dengan tulangnya
10 buah kentang rendang, cuci bersih
2 buah wortel ukuran sedang, potong -potong
segenggam baby buncis, kupas dan bagi 2

Saus:
¼ cup kecap asin
¼ cup madu
2 sdm puree tomat/ pasta tomat/ saus tomat biasa
2 siung bawang putih, keprak dan cincang
sedikit black pepper atau bias diganti dengan merica bubuk
sejumput oregano kering

Cara membuat:

  1. Super duper gampil! Kalau nyontek katanya makmod depeh, sambil merem juga bias XD. Campur jadi satu semua bahan saus dalam mangkuk besar. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk slow cooker. Susun dada ayam, kentang rendang dan wortel diatasnya. Siram dengan saus sampai dirasa cukup, boleh semuanya juga.
  3. Tutup dan masak dengan set HIGH selama 4 jam, setengah jam sebelum dimatikan slow cooker, masukkan buncis, tutup kembali. Setelah 4 jam, matikan slow cooker.
  4. Ambil ayamnya, agak ekstra hati-hati ya, soalnya dimasak pake slow cooker, jadi empuk banget. Trus dipanggang sebentar di atas Teflon, nggak perlu pakai minyak ya. Begitu sudah agak kering dan semi semi nuansa gosong, baru diangkat. Sajikan semuaaaaa dengan sayuran.
masak
penampakan mungkin kurang meyakinkan, tapi rasanya menjanjikan! *halah opo toooo XD

Enak dan gampil banget kan, bapak, anak, emak, pembenti semua sukaaaaaaa. Dan gaperlu menambahkan garam dan gula lagi ya, sudah pas kok rasanya, buat saya loh yaaa *kunyah-kunyah tulang ayam #BukanSilumanKucing #KamiLapar

Iklan

Mie Saus Telur Asin

Lagi happening nih, semua mua serba saus telur asin. Trus yah, ada juga menu Mie Saus Telur Asin yang lagi kekinian di kafe gaul anak muda seperti saya, iya saya loh *sisiran*.

Trus bikinlah yang versi rumahan yang bisa dinikmati dewasa dan anak-anak. Kalau di kafe, mereka menggunakan mie instan, kita beza dong, pake mie telor Ayam 2 Telor andalan *ihiy*, ditambahin sawi putih biar lebih berserat *sehat sehaaaat*, pleus stok bumbu halus andalan yang resepnya ada di buku cihuy MKH *beli buku MKH dong xixixi*. Kalau demen pedes, ditambahin aja cabe merah biar lebih mantaf!

Mie Saus Telur Asin
Poto gak pake kuah yak, biar nggak jadi nyemek pas sibuk dipoto-poto hehehehe

MIE SAUS TELUR ASIN

Bahan:
1 pak mie telor
1 1/2 sdm bumbu dasar soto sederhana *ada di buku MPAS Perdana Cihuy!*
700 ml susu uht plain
Sawi putih, iris halus
4 butir telur asin rebus, ambil kuningnya saja
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk
gula pasir secukupnya, dikit aja, sejumput gitu deh
salted butter, untuk menumis
garam secukupnya, sesuai selera, sedikit dulu karena kan sudah ada telur asin

Cara membuat:

  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan, sisihkan.
  2. Tumis bumbu dasar dengan mentega hingga wangi, masukkan sawi putih, tumis sebentar.
  3. Masukkan susu cair, tunggu hingga keluar buih pertama (jadi nggak perlu lama lama mendidihnya), tambahkan sedikit gula pasir dan merica bubuk, aduk, langsung masukkan mie rebus, aduk sebentar biar kuah susu meresap ke mie. Angkat.
  4. Hancurkan kuning telur asin dengan garpu, campur dengan 100 ml air matang.
  5. Panaskan mentega di teflon, tumis campuran kuning telur hingga creamy dan berwarna agak kecoklatan. Angkat, tuang ke atas mie rebus, langsung disantap.

Note:
Karena kuning telurnya sudah asin, agak was was juga nambahin garam, apalagi susu plain nya biar sudah plain masih gurih rasanya. Jadi saya sengaja menggunakan mentega yang asin, tapi tidak menambahkan garam sama sekali ke dalam masakan. Pas saya campur saus telur asinnya ke mie rebus, rasanya sudah pas kok, yaaaa kembali ke masing-masing cita rasa orang yak.

Langsung habis dimakan rame-rame (baca: rebutan). Resep ini juga saya persembahkan *tsah* untuk ikutan #TantanganHut9MKH1 – Menu Resto ala Rumahan.

Yuks mama kece ikutan juga. Dapatkan kesempatan memenangkan 3 paket voucher belanja @Rp 500.000, kitchen stuff gemez, merchandise Mamaku Koki Handal & Mpasi Rumahan!
Klik http://bit.ly/9reatmkh1 untuk mengetahui S&K selengkapnya!

Tres Leches (Milk Cake)

Ini resep cake hura hura. Gimana nggak hura hura, isinya susuuuuu dan gula *yummmm
Hasil kompor dari jeung Monica, ke jeung Depeh, ke jeung Nandra. Akhirnya saya pun mencoba. Wuih, nikmehnya ini kueh, habis itu jangan lupa simpan timbangan di lemari yak hahahaha. Pas juga buat jamuan open house *ciyeeee
Diambil dari allrecipes.com. Ada demo dan resepnya, monggo di colek:

http://m.allrecipes.com/recipe/7399/tres-leches-milk-cake

IMG_4781

Bahan:

1 ½ cup tepung terigu serba guna
1 sdt baking powder
½ cup unsalted butter
1 cup gula pasir
5 butir telur ayam
½ sdt vanilla extract

Lapisan susu:
2 cup susu cair uht plain
1 kaleng susu kental manis
1 kaleng susu evaporasi
1 ½ cup heavy whipping cream
1 cup gula pasir
1 sdt vanilla extract

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 175˚ Celcius. Siapkan loyang ukuran 20×30 cm, oles dengan mentega dan tabur tepung terigu, ratakan. Atau bisa dialasi dengan kertas roti. *bisa juga menggunakan loyang aluminium foil.
  2. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
  3. Kocok butter dan 1 cup gula pasir hingga mengembang dan halus. Tambahkan telur dan vanilla extract, kocok hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan campuran tepung terigu ke dalam kocokan mentega tiap 2 sendok makan hingga habis dan semua bahan tercampur rata. Tuang ke dalam loyang.
  5. Panggang selama 30 menit. Setelah matang, dinginkan cake dan tusuk beberapa kali dengan garpu.
  6. Lapisan susu: Campur susu cair uhut, susu kental manis dan susu evaporasi. Tuang diatas cake yang sudah dingin.
  7. Kocok whipping cream dengan menggunakan mixer, tambahkan 1 cup gula pasir dan 1 sdt vanilla extract hingga kaku. Tuang semua diatas cake simpan dalam lemari es.

Slow Cooker Pumpkin Butter

Labu kuning lagi 😀 emang salah satu sayur pilihan yang disukai denbaguse, manis dan lembut, seperti saya *uhuk*

Selain dibikin sayur dan kolak, ternyata Labu Kuning bisa dibikin selai juga loh, dah bosen kan homemade butter yang itu itu aja. Dijamin nagihin deh, buat yang suka hahaha

Resep ini saya dapat dari share salah satu teman fesbuk saya Linda Gullikson yang bertemu di HayDay XD, yiuk mari diliat resepnya.

Pumpkin Butter

Bahan:

1 ½ cup puree labu kuning
(dari ¼ potong labu kuning, dipotong memanjang,dikukus, buang bijinya, kemudian dikeruk dagingnya)
¼ cup gula pasir
1/3 cup brown sugar
1 sendok teh kayu manis bubuk (kalau yang tidak terlalu suka, bisa ditambahkan ½ sdt sajo)
1 butir cengkeh
¼ sendok teh pala bubuk

 Cara membuat:

  1. Campur semua bahan dalam mangkuk slow cooker, aduk rata.
  2. Tutup dan masak dengan set HIGH selama 3 jam, setengah jam sebelum dimatikan slow cooker, aduk aduk rata kemudian tutup kembali.
  3. Setelah selai dingin, pindahkan ke dalam toples kaca untuk disimpan di dalam kulkas selama 3-4 minggu, atau di freezer sampai 6 bulan.

Sehat dengan Soya La La La

Hahaha judulnya lebay bangets yak, kenapa juga harus pake Lalala? Soalnya hepi gitu loh, akhirnya bisa ketemu minyak goreng yang sehat dan bergizi! *eciyeeee*

Penasaran kan penasaraaaaan, soya apakah yang bikin hepi? *gak, ini bukan kuis* jawabannya adalah: Happy Soya Oil! Yes! Kenapa hepi? Kenapah? *deramah*, soalnya minyak kedelai ini manfaatnya mantap abis!

Makdarit eke semangat bingits ikutan Zumba Party with Happy Soya Oil yang diselenggarakan oleh Mommies Daily pada tanggl 11 Oktober 2014 di Meat & Meal Makan Makan Restaurant. Apalagi pertamax nih ikutan Zumba Dance.

And you know what? Begitu acara Zumba Dance dimulai, super duper asik! Mba Laila Munaf sebagai instruktur-nya ramah, nggak galak kaya instruktur yoga atau senam lainnya. Jadi kita nggak berasa diperes keringatnya, bener-bener fun! Lha gimana nggak, sejam isinya joget joget bokong terus hahaha.

photo (3)
C’mon! Let’s ZUMBA! *sumber dari sini
Tetap narsis dengan handuk andalan XD
Tetap narsis dengan handuk andalan XD

Setelah sesi Zumba dance yang langsung bikin berat badan turun 5 kilo *mbak, mbak, bangun mbak, mimpi yak* dilanjutkan dengan share dari Bp. Steven, perwakilan dari Happy Soya Oil tentang betapa hebringnya minyak kedelai ini.

Sharring session by Pak Steven
Sharring session by Pak Steven

Yuk mari disimak kenapa Happy Soya Oil lebih sehat dari dari minyak lainnya:

  • Mengandung 100% minyak kedelai asli yang sudah diproses dan dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Heat resistant-nya tinggi, jadi tidak gampang bikin gosong.
  • Minyaknya tidak terlalu menyerap ke makanan, sehingga hasil gorengan tidak terlalu berminyak.
  • Cita rasa makanan tidak akan berubah.
  • Sangat aman untuk anak dan bayi.
Tuh... kece kan si minyak kedelai :D
Tuh… kece kan si minyak kedelai 😀 *sumber dari sini

Buanyak banget kan manfaatnya. Sudah saatnya kita mulai menjaga asupan makanan kita dan keluarga. Kalau bukan sekarang, kapan lagi *eh, serasa kampanye hahaha* Apalagi minyak kedelai ini merupakan salah satu produk lokal, kalau bisa mendapatkan yang sehat dan lebih murah, Why No ot? 😀

Yuk kita mulai hidup sehat dengan Soya Culture Hari Ini! Caranya? Jreeeeeng coba liat gambar dibawah ini:

4 cara hidup sehat dengan soya culture
4 cara hidup sehat dengan soya culture

Setelah selesai menimba ilmu tentang hidup sehat *tsaaaah*, kita ditantang membuat Happy Fruit Salad dengan Happy Salad Oil sebagai salah satu bahan dressing-nya. Begitu ditanya siapa yang mau maju, sudah pasti saya dan jeung Arienda siap sedia maju terus pantang mundur! makanya oleh mbak MC Nenglita yang langsing ituh kita dipanggil Tim Kompetitip ;p. Trus kita berbagi tugas, jeung Arienda yang seksi menata sayuran dan buah biar tampak kece seperti dia *ngiri* dan saya kebagian aduk-aduk dressing. Hasilnya? Sudah pasti kita menang doooong! *dan kemudian joget zumba lagi*.

Mejeng hasil karya Tim Kompetitip!
Mejeng hasil karya Tim Kompetitip!
Mejeng hasil karya Tim Kompetitip!
Happy Fruit Salad

 Oya, yang mau nyontek resep salad buahnya, saya share disini yaaaak.

Happy Fruit Salad

Bahan dressing:

150 ml Happy Salad Oil

2 sdm jus lemon

2 sdm gula pasir

3 helai daun parsley cincang

¼ sdt garam

2 sdm cuka apel

2 sdm daun mint

Mixed vegetable:

100 gram mangga (kupas, potong dadu)

50 gram tomat cherry (belah dua)

75 gram brokoli (rebus sebntar, tiriskan)

50 gram kacang polong (rebus sebentar, tiriskan)

25 gram daun selada (sobek sobek)

25 gram anggur hijau

25 gram anggur merah

1 butir telur rebus (iris tipis)

25 gram stroberi (belah dua)

25 gram kiwi (iris)

2 potong honey melon (kupas, potong dadu)

Cara membuat:

  1. Dressing: Kocok Happy Salad Oil dengan gula pasir dan garam di mangkuk hingga larut. Masukkan jus lemon dan cuka apel, aduk rata. Masukkan irisan daun parsley dan mint, aduk rata lalu sisihkan.
  2. Masukkan bahan mixed vegetable ke dalam mangkuk dressing kecuali telur rebus. Aduk sebentar.
  3. Siapkan piring saji dan sajikan salad dengan hiasan daun mint serta potongan honey melon.

Setelah habis menyantap hasil meramu salad sendiri *dan cencunyah salad peserta lain XD* kita dijamu makan siang yang sehat pulak! Nasi Merah! Duh, enak enak bener deh menunya!

Dan akhirnya acara ditutup dengan belenji belenji *teteup*, so pasti kita pada borong dong, lha harga Happy Soya Oil yang sudah murce marikece kok didiskon lagi jadi tambah murce (dari Rp 40.000,- jadi Rp 33.000,-), sebagai emak-emak sejati yang pengin hidup sehat langsung dong diborong, apalagi dapat hadiah sendok pengaduk salad dan pengupas buah stainless steel.

Goodiebag dan Hadiah Seru!
Goodiebag dan Hadiah Seru!

Pokoknya sepanjang acara kita hepi banget dah, sehat, dan hepi! Pas dong dengan Happy Salad Oil *uhuk* *pamrih* hahahahaha. Thank you Happy Salad Oil dan Mommies Daily! Jangan lupakan saya kalo ada event makan sehat dan Zumba lagiiiii!

Markitsis, Mari Kita Eksis!
Markitsis, Mari Kita Eksis!

Sup Iga Kacang Merah dan Labu — Bread Butter Pudding ala Breadtalk

Wuih… sudah lama bangeeeeeet gak isi inih blog… Maklum, banyak bianget yang diurusin *ngurusin badan sih tepatnya dan tidak berhasil hahahahaha*
Mau sharing resep kece dan hasil eksekusi *eaaaaa*
Karena gak sempet ditulis ulang *alias males* jadi di share aja link-nya yaaaak.
Kalau ada yang mo ditanyakan, monggo. Ditanya disini atau disono, dimana mana hatiku senang dah 😀

Sup Iga Kacang Merah dan Labu ala Slow Cooker

Yes… saya pecinta Slow Cooker, kalau bisa semua dimasak pake slow cooker hehehehe, masalahnya emang diwaktu, jadi kudu mikir bentar sih *bentaaaaaaar, bentar aja kok*. Resep ini saya share di website super kece www.mamakukokihandal.com, masih banyak resep lain disana yak kalau mau brosing-brosing.

Sup Iga Kacang Merah dan Labu
Sup Iga Kacang Merah dan Labu

http://www.mamakukokihandal.com/detail/resep-mama-kece/ndm937-Sup-Iga-Kacang-Merah-dan-Labu-Slow-Cooker

Bread Butter Pudding ala Breadtalk

Nah, resep ini hasil eksekusi *eaaaaaaaa* dari resep MOD Nandra di milis MPASIRumahan tercinte. Henyak-henyak-henyak, masih buanyak ratusan bahkan ribuan resep disana *asli ini! gak lebay ini!* Jangan lupa kalau mau join pake Yahoo! ID yak!
Bread Butter Pudding
Bread Butter Pudding
Yiuk capcus lagi, nantikan share resep sayah selanjutnya. Selamat eksekusi dan Happy Cooking!

Chocolate-Raisins Scones

Dah lama potonya di-share di socmed, baru sekarang sempet posting lagi.

Kadang suka distok cokelat enyak dari nyokap, daripada disikat bapake semua *ngelirik*, boleh deh dibikin cemilan bekal denbaguse *wink*, nyontek abes resep dari tante Stephanie Jaworski  yang simple (gapake mixer), enyak, bikinnya gapake lama, dan gapake telur. Bikin banyak, bungkus per-porsi bekal, simpan di freezer (iyes, freezer), nanti kalau mau dimakan, cukup dibiarkan saja di suhu ruang, dan plastiknya dibuka biar tidak berembun (tapi ditaruh di dalam tudung saji biar gak dicolek mas spidermen dan cicakmen hahaha

*** resep dari sini yaaaaa

 photo

Chocolate Chip Scones

Bahan:

2 cup (260 gram) tepung terigu serba guna

¼ cup (50 gram) gula pasir

1 ¼ sdt baking powder

¼ sdt baking soda

1/8 sdt garam (dikit aja, soalnya garam Indonesia lebih asin)

½ cup (113 gram) unsalted butter, simpan dulu di kulkas, begitu mau dipakai baru dipotong kecil-kecil

½ cup (90 gram) chocolate chunks, kalau mau pakai chocolate chip juga boleh

½ cup (75 gram) kismis, direndam 10 menit dengan air hangat

1 sdt vanilla extract

2/3 – 3/4 cup (160 – 180 ml) buttermilk *

Susu uht cair untuk olesan

Brown sugar untuk taburan

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 200˚ C, siapkan loyang untuk memanggang yang permukaannya dialasi dengan parchment paper.
  2. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder dan baking soda. Aduk rata. Tambahkan potongan unsalted butter yang dingin, kemudian remas-remas dengan tangan hingga menjadi bituran kasar.
  3. Tambahkan potongan cokelat atau chocolate chips dan kismis, aduk rata dengan spatula.
  4. Campur buttermilk dan vanilla extract, kemudia tuang sedikit demi sedikit ke adonan tepung, jangan langsung semua. Aduk dulu hingga adonan menyatu sesuai kebutuhan, apabila dirasa cukup ya tidaki perlu ditambah. Kalau saya bikin, pasti ada sisa sedikit. Kumpulkan adonan hingga membentuk satu adonan bulat.
  5. Siapkan alas meja/ talenan besar yang bersih, tabur dengan tepung terigu kemudian letakkan adonan diatas taburan tepung sambil sedikit diulenin biar benar-benar tercampur rata dan padat. Bulatkan kemudian pipihkan cukup dengan tangan. Dikira kira saja dengan bentuk bulat dengan diameter 18 cm dan ketebalan 2 – 3 cm. Potong seperti memotong pizza, hasilnya ada 8 buah dengan bentuk segitiga yang sama. Kalau mau dengan cookie cutter juga boleh, tapi saying kan jadi ada sisa hehehe *emak ngirit*.
  6.  Tata scone di atas loyang yang sudah diberi alas parchment paper, beri jarak. Oles susu cair di permukaan, bisa juga ditambahkan brown sugar *slurp*. Panggang scones selama 20 menit hingga permukaan kuning kecoklatan. Jangan lupa ditusuk dengan tusuk gigi, kalau hasilnya licin berarti sudah matang.

Note:

1 cup (250 ml) buttermilk: campur 1 cup (250 ml) susu uht full cream (suhu ruang, jangan dalam keadaan dingin) dan 1 sdm air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan selama ± 15 menit. Kalau setelah itu terlihat gumpalan-gumpalan di susunya berarti sudah sakses jadi buttermilk J.

 

Terik Daging Tahu ala Slow Cooker

Duluuuuuu bianget di milis mpasirumahan pernah ada mama yang nanya bikin terik daging pake slow cooker, jadilah saya tertantang dan “meramu”-nya *lah tinggal cemplang cemplung aja pake ramuan*, tapi lupaaaaa terus tiap habis masak diposting. Nah, alhamdulilah sekarang ingat hehehe, jadi saya posting aja resepnya.

Pertanyaannya: kenapa sik pake slow cooker segala, pake kompor aja cepat dan rebes. Jawabannya panjang *nyiapin meteran*. Pertama, karena si kecil kalau makan daging suka diemut luamaaaaaa, kalo pake sc kan lembut bingit tuh dagingnya, langsung aja hap hap hap. Kedua, sudah pasti hasil masakan lebih sehat. Ketiga, saya suka memasak dengan sc, guampil tinggal cemplang cemplung trus ditinggal bobok, telat 1 jam juga nggak bakal gosong :-)))))). Keempat, udah punya SC inih, mosok dianggurin. *haduh, panjang bener yak, kirain basa basi doang*.

Terik Daging

yang ini ngga dikasi daun bawang, stok-nya habis :p

Bahan:
250 daging has dalam, potong sesuai keinginan
200 ml air panas
5 buah tahu, goreng dan potong sesuai selera
2 lembar daun jeruk purut
1 cm lengkuas
½ sdt garam
100 ml santan encer atau susu uht cair *ada notes-nya nih, banyak option*
daun bawang secukupnya, iris tipis

Bumbu halus:
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1 sdm gula aren

Cara membuat:

  1. Masukkan daging dan air panas ke dalam mangkuk slow cooker. Tambahkan bumbu bumbu halus, daun jeruk purut dan lengkuas.
  2. Tutup, putar tombol pada set LOW (selama 5-6 jam) atau HIGH (selama 3-4 jam).
  3. Tambahkan santan/ susu dan tahu. Tutup dan teruskan memasak pada set HIGH selama 15-20 menit hingga semua bahan matang sempurna, boleh diaduk sesekali. Matikan slow cooker. Sajikan hangat.

Note: Hasilnya tidak terlalu kental, karena anak saya lebih suka ada kuahnya. Kalau mau lebih bisa diganti dengan santan kental atau cooking cream atau susu cair yang dicampur dengan sedikit tepung terigu.

Meat Bread Pie

Aseliii ini judulnya ngarang abeeees 😀 Soalnya galau berat ni makanan mo dikasi nama apa, asal campur campur doang *gapentingngapaindibahas*
Hoookeh, resep ini copas abis dari acara tipi paporit denbaguse I Can Cook. Simpel banget resepnya, dan yang asik porsi kecil, jadi bisa buat bekal sekolah. Oya, tapi ikan salmon diganti dengan daging giling, sama enyaknya kok (yaiyalaaaah ditambah keju juga).

Source: http://www.bbc.co.uk/cbeebies/i-can-cook/makes/i-can-cook-seasidebites/

 photo 1 photo 2

Bahan:
Minyak sayur untuk olesan
2 lembar roti gandum
1 butir telur
2 sdm susu cair UHT
40 gram daging giling
1 sdm keju cheddar parut
1 sdt daun bawang, iris halus
Sejumput lada putih bubuk
Sejumput pala bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Oles cetakan cupcake dengan minyak sayur.
  2. Pipihkan roti tawar dengan rolling pin, kemudian potong dengan cetakan bentuk bulat.
  3. Kocok telur, susu dan sedikit lada putih. Celupkan potongan roti tawar ke dalam adonan telur sebentar, angkat dan masukkan ke dalam cetakan cupcake sambil ditekan tekan. Bisa juga digunting kelebihannya dari tepi atas cetakan biar terlihat lebih rapi.
  4. Campur sisa kocokan telur+susu dengan keju parut, daging giling dan pala bubuk, aduk rata. Tuang ke dalam “kulit” roti tawar.
  5. Panggang selama 25-30 menit.

Carrot Cake

Mau share resep cihuy dari tante cantik Laura Vitalle (uhuk, tante niyee)
Nggak tau kemaren itu kesambet apa deh saya dan Dita tiba-tiba sore-sore semangat 45 mau ber-baking ria, langsung DUA menu bok! Ciamik kan (duh, angkatan tua).
Soalnya saya pengen coba bikin Carrot Cake, sedang Dita pengen bikin Marble Cake. Daripada kita jambak-jambakan, mending bikin dua-duanya deh (nggak tau ini solusi terbaik ato bukan hahaha)

Okeh, dari hasil coba-coba kemaren, ada beberapa bahan yang komposisinya kita kurangi, lebih ke bumbunya sih. Biar rasanya nggak terlalu luar negeri bangets (kata Dita). Yiuk mariiii.

CARROT CAKE by Laura Vitalle
iyah, ini resep nyontek, sah sah aja kan?
http://www.laurainthekitchen.com/recipes/carrot-cake-with-cream-cheese-frosting/

Carrot Cake

Bahan:

1 1/4 cup & 1 tbsp tepung terigu protein rendah
½ cup gula
1/4 cup brown sugar
1 tsp baking soda
½ tsp kayu manis bubuk
1/4 tsp garam
1/8 tsp pala bubuk
3/4 cup minyak sayur
2 butir telur
1 tbsp vanilla extract
1 tsp grated orange Zest (kulit buah orange yang diparut)
1 ½ cups wortel parut
½ cup kismis (nggak pake)

Frosting:
3 oz (85 gram) cream cheese, suhu ruang
1/4 cup (57 gram) unsalted butter, suhu ruang
½ cup gula bubuk (resep asli 2 cup, muanis bianget bok)
1 tbsp air matang
1 tsp vanilla
1/4 tsp kayu manis (nggak usah pake deh)

Cara membuat:

  1. Panaskan oven suhu 180 ºC.
  2. Oles seluruh loyang kue dengan minyak, lapisi dengan parchment paper pada bagian dasarnya.
  3. Campur wortel parut, kismis dan 1 tbsp tepung terigu hingga rata. Sisihkan.
  4. Di mangkuk lain, campur semua bahan (kecuali wortel yak) aduk dengan mixer hingga rata. Masukkan wortel dan kismisnya dan aduk hingga benar-benar tercampur.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang, dan panggang selama 35 menit atau sampai matang (ini pake oven saya yak, kalo oven tante Laura mah cuma 30 menit). Angkat dan dinginkan.
  6. Frosting: campur semua bahan dengan mixer hingga kaku, jangan lama lama ya, cukup 5 menitan saja ngocoknya. Oles di atas carrot cake.

Resep yang Marble Cake nyusul yaaaaak!

Keterangan:
Tbsp = tablespoon
Tsp = teaspoon
Ini measuring spoon yak, bisa didapatkan di pasar, supermarket atau toko bahan kue. Kalau mau dikonversi ke gram juga bisa, colek dimari:
http://www.mpasirumahan.com/2010/05/konversi-pengukuran-cup-mililiter-gram.html
http://www.pastryscoop.com/category/look-it-up/butter/