JALAN JALAN SERU KE ULTRAJAYA

Akhirnya, setelah memendam lama perasaan ini *lebay* dapat juga eke berkesempatan main ke pabrik Ultrajaya *tsah, main ke pabrik, situ  distributor cyin?*. Bersama rombongan emak emak keceh, kita diajak oleh Tetra pak dan Mommies Daily untuk menghadiri event “Mengenal UHT Lebih Dekat bersama Tetra Pak” dengan factory visit PT. Ultrajaya di Padalarang.

Berangkat rame- rame dengan bis dari Female Daily Head Quarters jam 08.30, tibalah kita di pabrik PT. Ultrajaya Padalarang sekitar jam 11.00. Langsung digiring * kaya apa aja digiring haha* ke ruangan untuk mendapat presentasi tentang pengemasan makanan dan minuman dengan khususnya Susu UHT dengan system Tetra Pak. Yuks disimak sedikit penjelasan tentang UHT dan Tetra Pak.

factory visit

TENTANG UHT

Teknologi UHT atau Ultra High Temperature yaitu proses memanaskan susu selama 4 detik dengan panas 140˚Celcius. Dengan ini, bakteri-bakteri patogen mati namun zat gizi tidak hilang karena pemanasan hanya dilakukan sebentar. Rasa susu pun relatif tetap sama dengan susu segar. Susu menjadi steril sehingga bisa disimpan maksimal 10 bulan setelah diproduksi. Dengan system UHT dan teknologi pengemasan aseptic, kandungan nutrisi alami yang ada dalam susu tetap terjaga.

TENTANG ASEPTIC PACKAGING

Merupakan teknologi untuk mensterilkan kemasan kotak UHT sebelum diisi susu. Jadi proses sterilisasi terjadi dua kali.  Produk susu disteril melalui UHT, kemudian mensterilkan kemasannya. Kemasannya terdiri dari 6 lapis lho. Jadi susu awet tanpa zat pengawet tambahan. FYI, teknologi aseptic packaging ini sudah terdapat pada produk susu Ultra. Kece banget kan!

IMG_1935

Setelah presentasi yang disampaikan oleh Ibu Jessica Andrea – Tetra Pak Quality Assurance Specialist dan Bapak Azwar – Ultra Jaya Plant Manager, kami diajak masuk ke dalam pabrik untuk melihat secara langsung. Keren banget! Tapi sayang sekali, kita tidak diperkenankan membawa apapun ke dalam pabrik. Jadi gak bisa putu-putu duuuunk.

Begini nih proses yang terjadi di dalam “dapur” Ultrajaya😀

infographics

En yu no wat? Selama di pabrik, mulai dari proses pemasakan susu hingga tersusun rapi dalam dos, semua kotak tersebut tidak tersentuh oleh tangan manusia! Steril bingits yaaaaak!

storage tips

Setelah perjalanan yang panjang di dalam pabrik *gede bang-bang gituloh pabriknya* kita kembali ke ruang presentasi untuk menikmati makan siang *ini yang ditunggu-tunggu!* dan dilanjutkan dengan tanya jawab *lebih ditunggu-tunggu lagi! Hahaha*.

Saat sesi tanya jawab, sudah pasti dong ekeh bertanya, dan sudah pasti tau dong pertanyaan eke apa😀. Yaitu kenapa sih pada Susu UHT Plain perlu ditambahkan ini itu di dalamnya, nggak murni susu segar, padahal sebelumnya komposisi yang tertera pada kemasannya adalah HANYA susu segar, kenapa sekarang ada tambahan  susu skim bubuk, penstabil nabati dan GARAM?

Jawabannya ini saudara saudara:

Jadiiiiiii, dalam sehari itu PT. Ultrajaya menerima susu segar dari peternakan khusus Ultrajaya dan beberapa peternakan yang ada di daerah Jawa Barat. Saat menerima susu segar, akan di cek dahulu secara fisik (sealed dan tidak berbau), uji kimia dan mikro, jangan sampai kan menerima susu yang dicampur dengan air mentah atau air kapur.

Naaaah, saat proses pengujian tersebut, ditemukan juga bahwa kandungan susu segar yang diterima berbeda-beda, tapi masih memenuhi standar minimal yang ditentukan.  Makdarit perlu ditambahkan beberapa bahan tertentu agar kualitas susu yang dihasilkan sama dengan kualitas susu segar yang bagus. Dan penambahannya juga masih dalam batas toleransi. Kalaaaaaaau, yang diterima cuma susu segar yang 100% kece kualitasnya, maka bakal banyak susu segar yang terbuang, dan sayang bangeeeet, apalagi penghasilan susu segar di Indonesia masih terhitung sedikit. Bisa heboh dunia persilatan susu kalau sampai banyak yang dibuang.

Untuk penulisan yang tertera di kemasan UHT Ultra Jaya, memang sebelumnya pada Komposisi hanya tertera SUSU SEGAR. Namun dengan makin tegasnya peraturan BPOM, makanya sekarang dicantumkan secara lengkap komposisinya. Begitulah penjelasan resmi dari pihak Ultrajaya😀

Okeeeeh, setelah puwas tanya jawab, rombongan meninggalkan pabrik Ultrajaya untuk melanjutkan perjalanan ke Hotel Mason Pine untuk Cooking Demo and Competition bersama Chef Norman Ismail, duh susah banget deh fokus hahahaha.

demo cooking

Pokoknya emang seru banget deh perjalanan kali ini, seneng banget… dapat gudibek kece dari Ultrajaya *sudah tentu dong semua variasi Susu UHT, slurp* dan bisa dapat resep kece dan  icip icip masakan cihuy karya Chef Norman.

Oya, Tetra Pak juga punya apps “Tap n Grow” berupa games seru yang sudah bisa di-download di iOS dan Android. Jangan lupa ikutan juga kompetisinya di facebook grup, ada hadiahnya untuk nilai tertinggi tiap minggunya!

tap-n-grow-1-l-280x280

Makasi Mommies Daily, makasi Tetra Pak, makasi Ultrajaya. Ditunggu lagi ya event factory visit selanjutnya #kode😄.

Note: Foto dari koleksi pribadi, Mommiesdaily dan @TetraPak_ID

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s