Sehat Lingkunganku, Sehat Masa Depan Anakku – Project Sunlight for Bright Future

Bukan share resep atau demo masak masak, tapi puenting bianget dalam keterkaitannya dalam kesehatan anak. Misalnya nih, kita sudah mempersiapkan makanan yang sehat untuk anak, tapi kebersihan disekitar kita kurang memadai, anak jadi mudah sakit karena mudah terpapar kuman dan virus, sedih bingits kaaaaaan.

Nah, masalah sanitasi ini juga menjadi salah satu fokus Project Sunlight pada acara blogger gathering ‘Unilever Project Sunlight, Dukung Masa Depan Sehat’ yang diadakan Mommiesdaily pada Sabtu, 15 Nopember 2014 lalu. Tadinya dikirain bakal ada adegan cuci piring hueeee, ternyata benar benar lebih serius yah, bikin kita makin menyadari pentingnya sanitasi bagi kehidupan dan masa depan anak-anak kita.

Blogger Gathering ‘Unilever Project Sunlight, Dukung Masa Depan Sehat’  with Mommiesdaily
Blogger Gathering ‘Unilever Project Sunlight, Dukung Masa Depan Sehat’ with Mommiesdaily

Sanitasi penting bagi kualitas pendidikan, sanitasi penting bagi kesehatan, sanitasi penting untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Berdasarkan data, lebih dari 63 juta orang di Indonesia buang air tidak pada tempatnya. 46% rumah tangga belum memiliki fasilitas jamban yang memadai. Dan baru 47% saja yang memiliki perilaku cuci tangan dengan benar di Indonesia. We O We.

Demi mewujudkan masa depan sehat anak Indonesia melalui sanitasi yang layak, Unilever Indonesia kembali meluncurkan Project Sunlight yang kali ini fokus pada Masa Depan Sehat karena Unilever percaya bahwa kesehatan adalah hak bagi setiap anak dan merupakan modal awal anak yang merupakan agen perubahan (agent of change), bisa melakukan berbagai hal untuk menggapai mimpinya.

Yuk mari disimak short video dibawah ini. Adalah Dira Noveriani, seorang siswi berprestasi 17 tahun yang mengajak masyarakat Indonesia untuk sama-sama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sanitasi.

Saya pribadi termasuk emak yang super parno dan control freak. Apalagi pas usia 3 tahun, denbaguse pernah sakit muntaber sampai di opname selama seminggu😥. Sejak itu jadi sering lebih ekstra mengenai masalah kebersihan. Memang nggak boleh ekstrim sik, tapi ya gimana lagi dong yaaa *lha kok malah curhat hahahaha*

Menurut saya, nggak harus membuat perubahan yang super ekstrim juga ngalahin kampanye pemilu presiden sih😀. Coba dimulai dari lingkup kecil, komunitas sosial terkecil. Ya kita sendiri, dengan anak daaaaaan khususnya pembenti atau baby sitter, terserah yang mana. Kita sudah jaga kebersihan, si kecil juga. Tapi kalau simbak masih super cuek sama kebersihan ya jadi percum tak bergun dong dong dong.

Makdarit, pengennya sih menghimbau para tetangga dan khususnya para art yang bekerja dengan mereka. Dengan member edukasi tentang sanitasi kepada para art/ babysitter, kan kita jadi tenang juga kan kalo ninggal anak dirumah😀 Untung bingits di situs www.projectsunlight.co.id bisa donlod materi edukasi penting yang bisa dijadikan acuan untuk ber-“kampanye”.

Materi edukasi tentang bagaimana mengajarkan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan menurut standar WHO. Bisa ditempel atau diberikan kepada tetangga dan ART sbg info penting.
Materi edukasi tentang bagaimana mengajarkan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan menurut standar WHO.
Bisa ditempel atau diberikan kepada tetangga dan ART sbg info penting.

Sayang sekali para embak embak ini gak mau dipoto, apalagi dipideoin… “Malu tanteeee” eaaaaaaa…. Yasud sih, yang penting kan maksud kita tercapai, dan mereka menyanggupi untuk lebih sadar akan sanitasi dan kebersihan.

Yuk mari ebook eboook, kita berpartisipasi dalam Project Sunlight, caranyaaaa adalaaaaaah:

Lihat (VIEW): menyaksikan film inspirasional Project Sunlight di situs http://www.projectsunlight.co.id. Setiap kali film ini disaksikan, Unilever akan menyumbangkan Rp100

Bertindak (ACT):

  1. Menulis ide untuk #brightfuture di projectsunlight.co.id mengenai bagaimana bisa membuat perubahan. Setiap ide yang dituliskan Unilever akan menyumbang Rp 1.000,-.
  2. Menjadi relawan #brightfuture untuk secara langsung melakukan edukasi kesehatan dan berinteraksi dengan anak-anak di berbagai Sekolah Dasar di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Yogyakarta. Unilever akan menyumbang Rp 100.000,-
  3. Bekerja sama dengan Lotte Mart untuk mendukung program edukasi dan penyediaan fasilitas sanitasi di Sumba NTT. Setiap pembelian produk Lifebuoy, Pepsodent dan Domestos, Unilever akan menyumbang Rp 1.000,-

Berbagi (SHARE): menyebarkan cerita atau video inspirasional mengenai gagasan anak untuk membantu menginspirasi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia

Ikut (FOLLOW): mengikuti cerita inspirasi di Project Sunlight

Lebih lengkapnya bisa baca di http://www.projectsunlight.co.id dan Facebook Fanpage Unilever www.facebook.com/unileverid.

Oya, hasil donasi yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk melakukan edukasi dan membangun penyediaan fasiiltas sanitasi di Sumba, NTT. Keren kaaaaaan!

Perhatikan cara mencuci tangan yang benar ya nak :D
Perhatikan cara mencuci tangan yang benar ya nak😀
sikat sikat sikat
sikat sikat sikat

Saya, Yudith Mangiri, percaya #brightfuture bisa dicapai dengan membantu edukasi kebiasaan sehat!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s