Mama, aku mau maiiiin!

Iyes, pasti tiap mama sering nih dengerin curhatan si kecil di rumah. Tapi (mungkin) karena kita terlalu sibuk, trus sudah merasa bahwa konsep anak bermain cukup dengan nge-game di gadget atau nonton tivi, sisanya untuk sekolah, les, kerjain pe-er, bla bla bla. Yang nulis aja capek, apalagi yang ngelakuin yak *elus-elus  si anak*. Kita harus tahu bahwa selain dari sisi akademis, bahwa masih banyak hal lain yang lebih penting untuk perkembangan anak, salah satunya adalah: BERMAIN.

So pasti eke semangat banget waktu diundang Mommies Daily datang ke acara blogger gathering yang diadakan oleh RINSO, penggagas moto “Berani Kotor Itu Baik”, dalam kampanye Rinso Kids Today Project yang mengajak orang tua memahami betapa pentingnya bermain, terutama dari sudut pandang anak-anak. Sesampainya di Yeyo Lobby & Eatery ketemu emak-emak blogger lainnya, jadi jumpa kangen dan rempong cencunyah😉

Rinso 01

Setelah aksi narsis di photo booth yang kece dan serba ijo (warna paporit ekeh nih), kita menyimak info puenting buanget yang disampaikan oleh psikolog Roslina Verauli, M.Psi, Psi dan Muh. Syathir dari Rinso.

Okeh, serius nih ceritanya *benerin kacamata*. Dalam acara gathering para mama blogger di-“sajikan” 4 film pendek yang memberikan perspektif baru tentang perkembangan anak. Walaupun durasi tiap video  nggak sampai 3 menit, tapi ngena banget deh buat kita yang nonton, dan yang paling bikin terharu dan tertawa adalah yang berjudul “Wajah Bermain” hepiiiii banget liat ekspresi anak-anak saat bermain, duh jadi pengen cepet pulang ketemu denbaguse.

Psikolog Vera menjelaskan bahwa jaman sekarang, anak-anak tuntutannya lebih besar daripada orang tuanya dulu. Padahal kurangnya waktu istirahat dan bermain pada anak akan berdampak penurunan performa mereka, secara emosional mereka tidak bahagia, cenderung pasif, stress hingga berakibat ke sakit perut. Karena dengan bermain, anak akan mendapatkan pengalaman hidup. Dengan bermain anak akan belajar untuk bersosialisasi, bagaimana sesuatu bekerja dan belajar dari kesalahan. Saat anak gembira dan senang (karena bermain tentunya), fungsi eksekutif mereka akan meningkat dan lebih optimal. Fungsi eksekutif itu yang menentukan kemampuan atensi, fokus/ konsentrasi dan problem solving.

Rinso 03

Rinso 02

 

sumber foto dari sini
Para orang tua juga harus ikut mendukung proses bermain, bukan hanya nyodorin gadget atau anak dilepas di playground. Tapi selain memfasilitasi, luangkan waktu dong main dengan anak. Peranan kita adalah menjadikan anak sebagai subyek, bukan obyek. Unsur penting bermain adalah: Fun, Less Structure (nggak banyak aturan) dan bebas dipilih sendiri oleh anak, yes.

Basti Main

Denbaguse yang lagi asik main di pantai sama sahabatnya Raka🙂

Terusss, berapa lama waktu yang diperlukan anak untuk bermain tiap harinya? Melalui slide dilihatin tuh diagram, bahwa untuk anak rentang usia 2-6 tahun, selama satu hari dibutuhkan paling tidak 5 jam untuk bermain, dan 11-12 jam untuk tidur. Duh, emaknya juga mau nih jadwal kaya gitu hahahaha

p2-car_02

 

sumber foto dari sini

Jadi mama, biarkan anak bereksplorasi dan berkreasi, nggak perlu pusing kalau baju kotor, kan sudah ada Rinso cair yang super cihuy hasil cucinya. Learning to Play and Playing to Learn. Bermain itu PENTING! Setiap kegiatan bermain selalu ada hal baru yang dirasakan oleh anak yang mungkin tidak akan terulang di permainan berikutnya.

IMG_5428

By the way makasih banget ya Rinso dapat goodiebag yang kuece! Makin semangat lagi nih ikutan kompetisi blog #KidsToday yang diadakan Rinso Indonesia. Hadiahnya dapat stok Rinso setahun ya bok! gimana nggak kemecer cobak, mau ikutan kan? Kan? Yiuk capcus kemari  ;).

IMG_2389

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s