Brown Sugar ala Indonesia = Palm Suiker?

Kalau penjelasan dan bedanya antara Brown Sugar dan Palm Suiker mah sudah banyak infonya yak di internet. Mau cerita dikit aja tentang brown sugar inih.

Jadiiii kalau kita baca resep orang bulay *eciye, resepnya pake resep bule*, suka nemu kan bahan yang namanya Brown Sugar. Trus kalau ke toko bahan kue atau supermarket suka nemu juga gula yang warna cokelat ditulis “brown sugar” atau si penjaga toko pede bilang, “Sama aja bu, kalau di Indonesia brown sugar itu ya palm suiker”. Nah, mari kita toyor si penjaga toko hahaha, soalnya beda atuh! Dulu saya sih gitu, percaya aja label yang ditulis, sampai akhirnya nemu Bown Sugar yang import di sebuah toko bahan kue *bilang aje Puspita nape*. Saya nanya dong daripada tersesat di bahu mas Tom Cruise *uhuk* dan dibilang kalau Brown Sugar yang import itu emang yang aslinye di resep-resep bule itu, yang dari gula/ tebu trus dimolases, jadi baunya seperti bau karamel. Kalau palm suiker itu ya dari palm/ aren, hasil masaknya ntar baunya seperti gula merah (naaaah, emang bener deh).

Tapi ya emang harganya lumejen jauh ya bok, kalo palm suiker/ gula semut ini seperempat kilo nggak ada 10.000, sedangkan brown sugar 500 gram sudah 40 ribuan aje. Kalo mau lebih ngirit, ikutinlah trik saya *wink*. Tiap nginep di hotel atau lagi ngafe, kalau pesen kopi/ teh panas suka dikasi brown sugar kan? jangan dianggurin dong ah, bawa pulang, asal jangan disamperin tiap meja trus di-embat brown sugar-nya yak hahahahha, gantian kita yang ditoyor sama waitres-nya.

Ini saya kasi contoh, yang palm suiker/ gula semut, ada yg merknya sama tapi ditoko ini ditulis “brown sugar” ditoko lain ditulis “gula semut” iiiih, supermarket bisa galau juga :p

image_2

brown sugar yang sebernanya hahahaha, gak enak banget istilahnya

photo

palm suiker a.k.a gula semut a.k.a kadang suka disebut brown sugar indonesia

5 pemikiran pada “Brown Sugar ala Indonesia = Palm Suiker?

  1. cindykn

    Brown sugar yg di hotel2 juga bukan brown sugar asli. Mereka masih pake palm sugar. Di Starbucks pun juga gitu, masih pake palm sugar, biarpun label bungkusannya ditulis “brown sugar”.

  2. Kak maaf mau tanya, toko bahan kue yg jual brown sugar merk CSR itu nama tokonya apa ya? Boleh tolong minta info lokasinya juga kak? Soalnya susah bgt cari brown sugar yang “asli”😦 thanks kak!🙂

  3. Hai Karen,

    Untuk brown sugar merk CSR, saya menemukannya di Toko Bahan Kue Puspita yang berlokasi di Pasar Modern BSD.
    Saya rasa seperti di Titan atau Ingridients pasti ada juga. Semoga membantu yaaa….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s