Tentang per-Susu UHT Full Cream-an

Duh, judulnya aza bikin gimana gitu yak. Ini bukan promo ato black campaign. Murni cuma mau sharing ajah, yang mo pro kontra silahkeun, yang mo nyinyir ya monggo. Kalau mo komen “i’ve told you” ya sah-sah aja, tapi bukan disini yak hahaha.

Pertama kaget juga waktu Monica share info dari Jane (panjang nih) yang posting di fesbuknya kalo Susu UHT Full Cream Ultra yang terkenal ituh ada penambahan “garam” di dalam susunya. Padahal duluuuu (inget banget) eke beli karena ingridientnya ditulis “susu segar” udah gak ditambahin apa apa. Begitu dapat info, langsung ceki ceki, dan ternyata komposisinya panjang ya bok, ada susu segar, ada susu skim nya, daaaaan GARAM sodara sodara. Bukan sok anti garam sih, cuma berusaha tidak esmosi bergaram ria. Dimana mana sudah makan garam kan, mosok susu ditambahin garam juga, padahal di susu sendiri sudah ada kandungan natriumnya kan? kan?

Jadiii, saya dan beberapa teman yang saya kenal (cari temen) berpindah ke susu Diamond (rasanya lebih enak sih, lebih murah lageeee, emak-emak banget kan). Kalau mau yang cihuy lagi ya Greenfields (yang lagi campaign Honest Fresh Milk) atau Anchor yang emang lebih mehil yak, yah kalo sekali kali lagi banyakan rejekinya boleh deh beli huahahaha.

Again, ini cuma seputar UHT Full Cream yak, gak usah dibandingin susu sapi segar langsung dr peternakan, pesteurisasi, susu steril, apalagi statement “Pan dah gua bilang! Susu sapi ya buat sapi!” *manyun sampai disnilen jepang*.

UHT Full Cream (2)Silahkan di cek komposisinya, ini terdapat pada Ultra Milk – UHT Full Cream sz. 200, 250 dan 1000 ml.
Tapi yang Ultra Mimi – Full Cream sz. 125 ml, masih “aman”😀

UHT Full Cream (1)
UHT Full Cream (5) UHT Full Cream (4) UHT Full Cream (3)

UHT Full Cream (6)

greenfieldsNah, ada info juga dari temen, karena saat ini BPOM Indonesia  memperketat  labeling  ingredients makanan / minuman yg beredar gituh. Ya bisa jadi tidak semua produsen itu jujur meng-infokan komposisi produk mereka. Tapi memang untuk kasus Susu UHT Full Cream Ultra, kerasa lebih guyih.

Ya memang sih kita tidak bisa menghindari tercemarnya makanan/ minuman anak kita dengan ini dan itu, tapi kalau kita bisa masih menjaga, WHY NO OT? *peace*

Selamat belanja susu yeeee

37 pemikiran pada “Tentang per-Susu UHT Full Cream-an

  1. Nathalia DP

    salam kenal mba🙂
    saya jg udah lama baca komposisinya ultra.. tp gmn lg, di supermarket langganan deket rmh ga ada merk lain huhu..

  2. Betul, mbak.. Ultra ganti komposisi sejak ulang tahun yang ke 40 itu. Klo yg Mimi memang masih fresh milk tapi jatuhnya mahal *emak2 pelit nih :D*. Semua UHT jg aku liatin satu-satu, yg masih oke ya Diamond, Greenfields (kebetulan Anchor ga ngeliat). Diamond enaak, lbh creamy, murah lagi, tapi memang agak susah carinya. Di Jkt, masih bisa didapet di Carrefour dan Lotte Mart.

  3. Diamond sekarang ada di superindo juga kok. Aku sering beli yg strawberry tapi😀
    Nice info mba, mulai skrg bakal lebih perhatiin tulisan2 di kemasan makanan & minuman nih… biasanya lewat aja, yg penting gak kadaluarsa hahaha

  4. superindo mana niiih… di bsd diamond cuma ada di kerfur huhuhuhu… giant, superindo dan hypermart aja tak ado.
    iya mba yuniati, saya dulu juga cuma cek kadaluarsa, sudah kadung percaya sama ultra. lha kagetnya kok komposisi bisa berubah gitu, nyebelin kan?

  5. Pantas orang-orang sering keracunan susu Indomilk, lha komposisinya aja bejibun gitu…
    Pilihlah produk yang komposisinya sederhana. Semakin murni, semakin baik produk tersebut untuk kesehatan.🙂

  6. haii…salam kenal ya bunda.
    maaf telat baca blognya hihihi😛

    mau tanya donk…anak usia brp ya boleh minum susu UHT?
    klu bunda sendiri ksh susu UHT keanak diusia brp? dan biasanya susu itu dibuat apa saja?
    makasih loh sebelumnya bunda ^_^

  7. Selama ini aku fokus ke gula –” pokoknya BIG NO buat susu bubuk. Masa persajian gulanya bisa sampe 4sendok teh ckckck…. Laaah baru nyadar juga kalau yg UHT ada garamnya😳 eh tapi emang anakku ga sering aku jejelin susu sih, sesekali aja. Tiap hari mah bikin diare. Thanks ya mom infonya 😉

  8. Salam bahagia, Jeng.
    Seorang pakar imunologi Taiwan tidak menyuguhkan susu sapi yang tidak segar kepada anak-anaknya, dan menggantinya dengan sari kedelai. Kalau dilihat komposisinya, susu sapi yang dijual di pasar swalayan dipenuhi berbagai bahan kimia. Jadi, inginkah mencekoki anak kita dengan bahan kimia atau bahan alami, sepenuhnya kembali ke kita sebagai orang tua.
    Terima kasih

  9. Hai mba Indah, salam kenal juga🙂 Maaf ya baru balas komennya.
    Saya sudah memberikan susu UHT ke anak saat berusia 1 tahun.
    selain bisa diminumkan langsung ke anak, bisa ditambahkan gula dan coklat bubuk.
    Bisa juga dimasukkan ke makanan dan cemilan, seperti puding, schootel, nugget, dll.

  10. Hai Mba Yuli,
    Memang dalam makanan kemasan, garam bisa ditambahkan sebagai fungsi pengawet, selain rasa tentunya.
    untuk susu UHT Ultra, kurang tau juga ya penambahan garam fungsinya sebagai apa, apakah untuk pengawet atau penambah rasa.
    sedangkan sebagai konsumen, yaaaaaaa bukan berarti kita anti garam sih, cuma lebih menjaga saja… makanan dan minuman sudah banyak yang aneh aneh hehehe… kalau bisa dikontrol ya lebih baik. bukan berarti nggak boleh beli susu UHT Ultra loooh.

  11. Hai mama natasya, maaf anak saya belum pernah minum lactogen😀
    setau saya ya, untuk kandungan gizinya semua susu kurang lebih sama. tinggal dilihat apakah anaknya cocok atau tidak. Gitu aja.

  12. Hai Mama Ratusya,
    Bukan mba, seperti yang saya tulis. Bisa dilihat pada komposisi, garam tersebut ya garam beneran (eh emang ada garam bohongan hahahahaha) sebagai zat aditif yang ditambahkan ke dalam susu. Sedangkan di dalam susu sudah ada kandungan natriumnya gituh.

  13. Hai Mas Gilang,
    kalau susu dikasi garam ya kan jadi tambah asin dong (yaiyalah hahahahaha)…. ya tujuannya sesuatu itu jangan terlalu berlebih, yang moderat saja. buat menjaga kesehatan kita dan anak juauuuuuh kedepan. kebanyakan garam juga gak baik toh😀

  14. Hai mba Yanet,
    Enggaaaaak…. enggak bahaya kok. Nggak melarang juga buat beli UHT loh.
    Lebih ke awarness aja gitu, kalau kita konsumsi garam berlebih juga kurang baik kan.
    Nah, sebenarnya, kalau hanya untuk diminum saja, susu UHT tidak perlu lah diberi tambahan garam lagi. Karena memang peruntukannya bukan gurihnya yang dicari, tapi faktor susu nya kan… dan sudah ada kandungan natrium (yang juga ada di dalam garam) di dalam susu. Jadi, buat apa menambahkan sesuatu yang tidak perlu.

  15. Sekedar sharing info yg saya tau..

    Penambahan garam pada susu selain sebagai bahan pengawet alami, juga untuk menaikan level natrium pada susu tersebut (untuk kebutuhan claim ato standard dari susu tersebut).. Natrium yang terkandung dalam susu bisa saja tidak mencukupi jumlah target natrium yang mereka inginkan (tiap produk, beda formula).. Kalo memang mau tau berapa jumlah garam / natrium, bs di liat dari tabel gizi per penyajian..

    Selama masih batas wajar, garam kemungkinan besar tidak akan berdampak pada kesehatan.. Mengikuti saran penyajian (takaran saji) pada label makanan adalah salah satu cara membatasi nya..

    Semoga bermanfaat dan salam kenal🙂

  16. just info aja : sepertinya yg lebih bahaya itu kebanyakan gula deh bun🙂 krn tau sendiri bun gula bisa meningkatkan sifat keaktifan dari seorang anak yang nantinya anak akan menjadi agresif atau bisa jg tidak terkendali dan bisa merusak gigi buah hati kita.

    seperti yg di infokan @woldofraisha bila garam digunakan sesuai batas kebutuhannya, maka gara tersebut bukan menjadi suatu “masalah” kedepannya untuk buah hati kita.

    honestly aku baru tau info ini agak kaget juga seh , tapi setelah dipikir2 ada baiknya kita mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu, but thanks share nya ya bunda yudith dan bunda fraisha atas informasi kenapa garam bisa terdapat di susu UHT Full cream.

    Cheers ^_^

  17. Hai Bunda Anya,
    Menurut saya, apapun itu, ya sebaiknya digunakan secara moderat, tidak berlebih. Bukan hanya gul, ya garam, ya zat aditif lainnya.
    jangan salah loh, garam juga kalau dari kecil tidak dikontrol bisa berbahaya juga, kelebihan garam bisa mengakibatkan hipertensi, osteoporosis, stroke.

    Sekali lagi, saya memberi informasi ini hanya sebagai sharing, bukan berarti tidak membolehkan ibu ibu untuk membeli susu merk ultra atau lainnya. dan masalah kebeneran atau tidak, kan sudah saya foto dari apa yang tertera di kemasan, bukan dari gosip kan hehehhee…

    Terima kasih atas komen nya ya…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s