Vanilla Panna Cotta with Caramel Sauce

Ihiy! posting resep coba coba lagi aaaaah. Dapat oleh-oleh dari kakak caramel fondant batangan, bingung mo dibikin apa, jadinya buat saus karamel aja deh hahaha cemen bener coba resepnya. Pas juga mau bikin dessert ala kebuley-buleyan, jadilah nyontek resep tante Martha Stewart (iyah nyontek, gapapa kan? yang penting ngaku, daripada sok diaku “ala” ternyata punya orang, trus dikasi tau malah ngambek trus un.. eh malah curcol huahahahaha).

Intinya mau kasi tau kalo sekarang sudah ada gelatine yang halal toyiban lhooooo.. yes yiuk, yang tipenya lembaran yaaaaa, bukan bubuk. Nih eke kasi potonya juga. Pokokmen resepnya gampil surampil.

Image

Bahan:
3 buah gelatin lembar
1 ½ cup krim kental
1/4 cup dan 2 tbsp gula pasir
½ cup susu uht 1 buah vanilla pod, bagi 2, ambil bijinya/ 1 tsp vanilla ekstrak

Topping:
1 pak strawberry segar, bersihkan
2 tsp gula halus

Saus karamel:
100 gr cooking caramel chocolate, potong-potong
100 ml krim kental/ susu uht

Cara membuat: 

  1. Rendam gelatin lembar dalam air dingin hingga lembut, sekitar 5 menit.
  2. Campur krim kental, gula pasir dan vanilla, masak sambil diaduk dengan whisk hingga panas (jangan sampai mendidih). Angkat dari kompor, terus aduk.
  3. Remas lembaran gelatin sampai airnya keluar semua, kemudian masukkan ke dalam panci, aduk sampai tercampur merata, masukkan susu sambil tetap diaduk.
  4. Tuang dalam ramekin/ gelas, diamkan hingga dingin, kemudian masukkan kedalam kulkas, dinginkan hingga membeku kurang lebih selama 4-6 jam.
  5. Topping: Cacah kasar strawberry, tambahkan gula halus, aduk rata, kemudian tuang di atas panna cotta.
  6. Saus caramel: Panaskan krim kental dan cooking caramel chocolate, aduk hingga coklat mencair, angkat. Aduk sampai uap hilang, siram sedikit ke atas panna cotta.

Nah, buat contoh gelatinnya, seperti dibawah ini. Saya nemunya di toko bahan kue sih, kalo di supermarket belum nemu, nggak nyari juga sih hahahahaha.

Image

2 pemikiran pada “Vanilla Panna Cotta with Caramel Sauce

  1. Hi Nanda,
    Untuk takaran “cup” itu mengunakan measuring cup. Nanda bisa browing bentuknya seperti apa, dan bisa didapatkan di supermarket dan toko bahan kue.
    Semoga sukses yaaaaa… Happy Cooking!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s