Ratatouille, spesial dari Perancis

Salah satu menu masakan waktu cooking class la cuisine kemaren, Ratatouille merupakan masakan daerah khas Perancis. Intinya sih tumisan sayuran aja kok, gampil surampil, bisa juga diterapkan untuk MPASI (Makanan Pendamping ASI), nanti ada tipsnyah.

RATATOUILLE

Bahan:

1 buah terong ungu
1 buah zukini
1 buah paprika merah, buang biji dan tangkai
2 buah tomat
1 buah bawang bombai cincang
2 siung bawang putih cincang
Olive oil
Gula dan garam secukupnya, sedikiiiit aja dulu, rasanya sudah mantap kok.
herbs untuk penambah rasa: oregano, thyme, basil kering *optional*
 
Cara membuat:
  1. Potong kotak terong ungu, zukini dan paprika merah. Taruh di pan oven, siram olive oil dan panggang selama 15-20 menit.
  2. Rebus tomat sampai matang, kupas kulitnya, potong kecil-kecil. Tumis bawang bombai dan putih dengan olive oil sampai harum, masukkan tomat, aduk sampai menjadi pure.
  3. Tuang panggangan sayuran kedalam pure tomat, tambahkan herbs, aduk sebentar dengan api kecil sampai rata. Sajikan hangat.

Nanti hasilnya sayurannya akan crunchy gitu, krenyes krenyes, edak deh *ngalem masakan ndiri*

Nah, kalau untuk MPASI atau makanan anak, tipsnya begini:

  • Zukini dan terong dikupas dulu sebelum dipotong-potong.
  • Sayuran (zukini, terong dan paprika) tidak perlu dipanggang, tapi ditumis saja dengan olive oil. Setelah matang kemudian di tuang ke pure tomat, aduk bareng sampai tercampur rata dengan api kecil, kemudian diangkat. Jadi tetap dipisah dulu numisnya dengan pure tomat. Setelah itu bisa di haluskan atau langsung diberi ke anak.
  • Garam dan gula di skip dulu, begitu juga dengan herbs kalau anak blm mencoba. Kalau mau  lebih rich bisa ditaburi keju parut *slurp*.