Cold Klappertaart – No Baked

Maunya seh niru Hana’s Klappertart yang gak terlalu manis dan eneg ituh… dapet juga resepnya dari dapurmlanding
wuih cucok banget sama eykeh yang gak punya oven *kasian deh*, caranya tinggal dibikin diatas kompor, masukin kulkas, jadi deh…..

Sayangnya gak bisa sering-sering bikin neh walaupun saya doyan (banget), karena si bapak gak suka kelapa dan kismis walaupun kelapanya sudah saya iris tipis-tipis biar tidak terlalu terasa. Gak mungkinkan bikin klappertaart tapi gak pake kelapa, jadinya Cold No Klapper-taart No Baked dong… *rolling eyes

Oya, takarannya dan bahannya saya utak atik dikit ya, jadinya 8 cups kecil.

Cold Klappertaart No Baked

Bahan:
2 bh kelapa muda, sisihkan airnya, ambil dagingnya
500 ml susu cair
25 gr tepung terigu
75 gram gula pasir
2 butir telur
¼ sdt vanili
50 gr butter
*sebenarnya bisa ditambahkan sedikit rhum, tapi saya tidak pakai krn tdk suka

Topping:
50 gr kenari, sangrai, cincang *kadang saya tidak pake*
2 sdm kismis, rendam air panas sebentar, tiriskan
bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Kerok kelapa muda dengan sendok, hati-hati, jangan sampai kulit ari ikut terkerok, iris halus. Sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu dengan sedikit susu cair hingga larut.
  3. Campur semua bahan, dalam panci. Nyalakan kompor dengan api kecil. Aduk-aduk adonan hingga tercampur rata. Tunggu sampai fase mendidih awal, yaitu ketika adonan telah meletup pertama kali. Matikan api.
  4. Tuangkan klappertaart dalam cup-cup kecil. Beri taburan topping sesuai selera.
  5. Masukkan kulkas, Sajikan dingin.

Tips:

  • Kunci keberhasilan agar klappertaart tetap lembut dan tidak ‘pecah’ adalah pada pengadukannya yang lembut dan konstan satu arah. Misal searah jarum jam. Pokoknya hindari adukan bolak-balik.
  • Setelah letupan pertama muncul api segera matikan. Fungsinya sama, agar adonan tidak ‘pecah’.
  • Pilih kelapa muda yang benar-benar muda tapi sudah berdaging. Indikasinya mudah: masih mudah dikerok dengan sendok.
  • Agar topping bubuk kayu manis rapi, letakkan kayu manis bubuk di atas saringan kecil dengan lubang lembut. Taburkan sedikit saja agar klappertaart tak terlalu pahit.

3 pemikiran pada “Cold Klappertaart – No Baked

  1. Ping-balik: Klappertaart (No Bake) | MasukDapur

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s